Tanimbar Pulih! Slogan Rangkoratat Dihadapan DPRD KKT

SAUMLAKI, SentralPolitik.com _ Tanimbar Pulih! Penjabat Bupati Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT), Piterson Rangkoratat menyampaikan itu pada pidato perdana di DPRD KKT Rabu (6/12/2023).

Rangkoratat menyampaikan slogan itu pada pidato dalam Paripurna Istimewa DPRD  di Gedung Kesenian, Saumlaki setelah Gubernur Maluku melantiknya pada 27 November 2020 di Ambon.

Dalam pidatonya, Rangkoratat menyampaikan bahwa penjabat sebelumnya telah meletakan dasar selama menjabat. Untuk itu, dia berharap bersama bekerja untuk kemajuan daerah ini.

‘’Esensi penjabat bupati bukan jabatan politik melainkan jabatan transisi untuk memimpin penyelenggaraan pemerintahan daerah dan mempersiapkan pesta demokrasi Pemilu 2024,’’ katanya.

Selanjutnya, ia mengaku hadir di Tanimbar bukan atas keinginan sendiri, melainkan perintah peraturan perundang-undangan untuk tugas pengabdian sebagai penjabat bupati.

TANIMBAR PULIH

Bahkan momentum pelantikan dirinya, lanjut Rangkoratat, tidak di maknai sebagai sebuah kemenangan. Karena tidak ada kompetisi dalam siklus demokrasi.

Melampaui itu, dirinya memaknai sebagai panggilan negara untuk melayani.

“Melihat kondisi riil yang di hadapi masyarakat, keluarga dan diri saya di Tanimbar beberapa tahun terakhir ini lah, maka saya merumuskan Tanimbar Pulih,” terangnya terkait slogan yang dia usung.

Tanimbar Pulih, menurut dia, ada beberapa pertimbangan filosofis, antara lain ‘pengharapan, aku berfikir maka aku ada, kamulah sahabatku.’

Atas dasar tiga pertimbangan filosofis itulah, sesungguhnya usaha memulihkan kondisi Tanimbar hari ini, bertolak dari sebuah kondisi ketidak normalan, ketidak stabilan dan kondisi kesemrawutan.

6  ISU STRATEGI

Kesempatan itu pula, Rangkoratat mengatakan kalau dia telah mengidentifikasi 6 isu strategis yang melilit KKT yakni, pertama, tingginya angka kemiskinan.

Kedua, tingginya angka prevalensi stunting yang berada pada level 31,5 persen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *