Wujudkan Satu Data Indonesia, Ini Kolaborasi BPS & Pemkot Ambon

AMBON, SentralPolitik.com _  Badan Pusat Statistik (BPS) bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon melalui Dinas Kominfo dan Persandian, serta Bappeda Litbang, menggelar kegiatan Pembinaan Statistik Sektoral.

Ini merupakan kolaborasi Pemkot Ambon dan BPS dalam mewujudkan Satu Data Indonesia (SDI). Kolaborasi ini berlangsung Rabu (7/2/24) di Ruang Rapat Command Center.

Plt. Kepala Dinas Kominfo, Ronald H. Lekransy dan Pranata Komputer Ahli BPS Kota Ambon, Hisbul Wathony hadir di sana.

‘’SDI adalah Kebijakan tata kelola data pemerintah untuk menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan,’’ bukaHisbul Wathony.

Kata dia, mudah mengakses SDI dan di bagi-pakai kan antar instansi pusat dan instansi daerah melalui pemenuhan standar data, metadata, interoperabilitas data dan kode referensi dan data induk.

Tujuan SDI untuk mewujudkan ketersediaan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dapat pertanggungjawabannya, mudah mengakses dan sebagai dasar perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan pengendalian pembangunan.

“SDI mendorong keterbukaan dan transparansi data sehingga tercipta perencanaan dan perumusan kebijakan pembangunan yang berbasis pada data,’’ ingat dia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *