Ini Perjuangan Piterson; Dihempas Fatlolon, Diganjal PDI Perjuangan

Selamat pagi…

Piterson Rangkoratat akhirnya ditetapkan sebagai Penjabat Bupati Kepulauan Tanimbar menggantikan Ruben Mariollkosu. Pelantikan Rangkoratat segera berlangsung pekan ini. Kalau bukan Senin (27/11) hari ini, Gubernur Maluku Murad Ismail akan mengukuhkannya, Rabu besok.

‘’Iya, Senin atau Rabu. Kita lagi menunggu mereka dari Saumlaki,’’ kata Sekda Maluku, Sadli Ie, Jumat malam. Mereka itu ya para birokrat KKT… Undangan sudah beredar, dia dilantik malam ini pukul 20.00 WIT.

RANGKORATAT sebetulnya sudah dilantik pada 29 Mei 2023 lalu. Hanya saja terjadi Polemik. Tarik-menarik hebat.

Sekda KKT, Ruben B Mariolkossu akhirnya ditetapkan sebagai Penjabat Bupati KKT.

Tarik-menarik dilaporkan kuat terjadi antara PDI Perjuangan dengan Gubernur Maluku.

Oiya, Rangkoratat itu awalnya diusulkan oleh Gubernur Maluku dan DPRD KKT, sementara Ruben Mariokossu hanya mengantongi rekomendasi dari DPRD KKT.

Toh, Ruben akhirnya dilantik. Dia mengantongi SK PLH (pelaksana Harian) beberapa hari plus SK PLT (Pelaksana Tugas) alias Penjabat Bupati dari Mendagri.

JENDERAL MURAD

Murad sebetulnya ‘setengah hati’ melantik Ruben. Malam sebelum pelantikan, Ruben dipanggil menghadap ke WAILELA. ‘’Kamu Ruben ya,’’ kata Murad kepada Ruben. ‘’Siap Pak,’’ jawab Ruben mantap.

‘’Kamu pulang saja. Siap-siap besok pelantikan,’’ kata Jenderal Murad, datar. Rahangnya tegar, tetap bergeming.

SentralPolitik mendapat percakapan dalam pertemuan tak sampai lima menit ini dari tetamu yang datang malam itu.

Besoknya saat pelantikan, Murad malah salah menyebut marga Ruben. ‘’…Marganya susah juga!’’ timpalnya saat membacakan naskah pelantikan. ‘’Saya tahu siapa yang bermain dibalik ini,’’ celetuk Murad pada kesempatan lain.

Ruben Mariolkossu akhirnya dilantik sebagai Penjabat Bupati KKT. Dia menggeser Daniel Indey yang menduduki kursi bupati selama satu tahun.

DIGANJAL

Sumber media ini menyebutkan kalau Rangkoratat tersingkir saat usulan Gubenur sudah berada di meja Mendagri.

Maklum, Murad tak lagi harmonis dengan PDI Perjuangan, meski adik tingkatnya di Kepolisian menjabat Mendagri, Tito Karnavian.

‘’PDI Perjuangan beralasan, anak pak Rangkoratat masuk sebagai Caleg DPRD Kabupaten Kepulauan Tanimbar, tapi bukan dari PDI Perjuangan,’’ tandas sumber tadi.

Itu sih sebuah alasan yang sebetulnya sangat politis, dalam upaya mengganjal Rangkoratat pada jabatan birokrat… Hmmm…

Sebetulnya, alasan yang paling mungkin karena Murad Ismail baru saja didepak dari PDI Perjuangan. Jabatannya sebagai Ketua DPD PDIP Maluku itu dicopot.

Foto Mendagri dan salah satu pentolan PDI Perjuangan, Komarudin Watubun bersiliweran di dunia maya, saat polemik lagi hebat-hebatnya merambah keluar…

Seakan-akan menggambarkan kalau jejaring partai jauh lebih kuat dari sekedar jiwa korsa sesama alumnus AKBRI kepolician…  hmm …@#?$#

PITER MUNGIL

Piterson mungil lahir di Desa Lingat, Pulau Selaru Kabupaten Maluku Tenggara, pada 01 September 1971.

Dia menamatkan pendidikan dasar di SD Kristen II Lingat dan SMP Mangkawar di desa yang sama.

Menanjak remaja, Pit merantau ke Saumlaki dan lulus SMA Negeri Saumlaki pada tahun 1990.

Selanjutnya, suami dari Ageripa Batmanlusy ini melanjutkan pendidikan tinggi di Fakultas Hukum Unpatti, dan lulus tahun 1996.

Setelah pemekaran Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) lepas dari Maluku Tenggara dan berdiri sendiri sebagai Daerah Otonom, Piterson muda melamar di Pemkab MTB (Sekarang KKT) dan memulai karier birokrasi disana.

Tahun 2004 dia memulai jabatan sebagai Pj. Kasubag Konsultasi dan Bantuan Hukum Setda MTB.

Boleh dibilang Piterson lebih banyak mengabdi di daerah kelahirannya. Sejumlah jabatan dimulai dan dilaluinya dengan gemilang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 komentar